7 Tips Belajar Yang Aneh Tapi Sangat Efektif

4:56:00 PM

Salah satu hal paling berat dari seorang pelajar adalah belajar. Memang banyak sekali godaan yang datang ketika sedang belajar. Terkadang, niat tak sesuai ekspektasi. Niatan ingin belajar H-1 minggu sebelum ujian, tapi nyatanya tetap memakai sistem kebut semalam.


Tapi, sadarkah kamu kalau cara belajarmu mempengaruhi keinginan untuk belajar? Dan ternyata, ada cara ampuh yang mungkin sedikit tak lazim untuk dilakukan ketika belajar. Apa saja ya?


1. Gunakan Aroma Ketika Belajar



Ketika belajar cobalah untuk menyemprotkan aroma yang tidak familiar, misalnya parfum kakak atau pengharum mobil yang belum pernah kamu pakai. Lalu, ketika ujian semprotkan kembali aroma tersebut. Karena, aroma tersebut akan meningkatkan memori kamu tentang materi yang dipelajari.


2. Cobalah Untuk Bermain Font



Kalau kamu selalu mencatat dengan cara mengetik, maka gunakan font yang tidak biasa. Boleh kamu gunakan font yang unik dan ukurannya berbeda. Hal ini untuk membuatmu lebih mudah mengingat bagian tersebut, karena font standar akan membuatmu cepat lupa.


3. Tontonlah Film Dokumenter



Kalau kamu susah mengerti pelajaran dengan cara membaca, kamu bisa belajar dengan cara menonton. Menonton tak selamanya berdampak buruk. Jika kamu ingin belajar sejarah dan antropologi tertentu, kamu bisa belajar dengan cara menonton film dokumenter yang relefan dengan materimu.


4. Berikan Reward Dalam Belajar



Camilan saat belajar biasanya kamu cemil sepanjang belajar sesuai keinginanmu. Tapi dengan cara food trail ini, kamu tidak mencemilnya setiap saat, melainkan ketika kamu sampai di halaman-halaman tertentu. Misalnya, di halaman 10 selipkan permen, di halaman 20 selipkan sebatang cokelat, dan seterusnya. Ini semacam reward bagi kamu karena telah mencapai halaman tersebut. Asalkan, konsentrasi belajar tetap kamu jaga jangan sampai hanya memikirkan makanan ya!


5. Dengarkan Materi Dengan Cepat



Ketika waktu sudah mepet tapi kamu belum belajar materi yang ada di audio, tenang saja. Karena kamu bisa menggunakan double speed di playlist untuk mendengarkannya. Ini bisa membuatmu lebih paham dan kamu akan lebih berkonsentrasi.


6. Tulis Di Kertas Kecil



Misalnya ada pelajaran yang banyak rumus atau hal-hal yang penting, kamu bisa mencatatnya dalam kertas kecil. Kamu bisa membawa kertas itu kemana-mana sambil menghafalnya. Jadi ketika di hari ujian, kamu sudah hafal di luar kepala.


7. Cobalah Untuk Disiplin



Lakukan belajar dengan disiplin, jika menggunakan internet, jangan macam-macam membuka situs lain yang tidak menunjang belajarmu, misalnya sosial media atau situs hiburan lain. Ini akan mengganggu konsentrasi belajarmu. Tahanlah keinginan untuk bersenang-senang dan utamakan belajar. Belajar walau hanya sebentar tapi fokus dan mengerti itu lebih baik, daripada berjam-jam tapi tak dapat apa-apa.


Semoga bermanfaat, selamat belajar yaa..

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Blog berisi tentang berbagai informasi menarik yang perlu kamu tahu,, Ayoo kita berbagi,,