5 Hal Yang Perlu Di Perhatikan Jika Ingin Nikah Muda

4:17:00 PM

Pernikahan dini adalah fenomena global yang dianggap sebagai masalah sosial besar yang harus diatasi. Di seluruh dunia, ada lebih dari 700 juta wanita menikah sebelum mereka berulang tahun yang ke-18. Kenapa pernikahan dini sebaiknya harus diperangi?

Instagram @alvin_411

Menurut organisasi yang fokus pada kampanye untuk mengakhiri pernikahan dini, Girls Not Brides, efek negatif pernikahan dini adalah sebagai berikut:

1. Pernikahan dini biasanya bukan hasil keputusan yang matang. Mempelai masih sangat tergantung pada keluarga, orang tua, ataupun pasangannya, baik itu secara ekonomi, maupun secara psikologis.

2. Kesempatan untuk melanjutkan pendidikan dan mengembangkan ekonomi menjadi lebih terhambat. Terutama bagi mereka yang berasal dari kalangan tidak mampu atau warga yang tinggal di pedesaan. Umumnya, mempelai yang menikah dini tidak menyelesaikan sekolahnya. Kesempatannya untuk lebih berkembang dan lebih terdidik pun  menjadi berkurang.  

3. Pernikahan dini memberi peluang bagi anak perempuan belasan tahun untuk menjadi hamil dengan risiko tinggi (high risk pregnancy). Keluhan kesehatan seperti komplikasi-komplikasi pada ibu dan anak seperti anemia, abortus, kematian prenatal, pendarahan dan tindakan operasi obstetri bila dibandingkan dengan kehamilan di usia di atas 20 tahun. Mereka yang melahirkan di bawah usia 15 tahun memiliki risiko meninggal dunia saat melahirkan 5 kali lebih besar.  

4. Pernikahan dini sangat merugikan kesehatan reproduksi wanita mengingat organ intim wanita usia di bawah 18 tahun belum siap untuk menerima perilaku seksual.

5. Pernikahan dini membuat wanita dalam posisi yang lebih rentan untuk mendapatkan perilaku kekerasan dalam rumah tangga, baik itu secara fisik, maupun verbal.

Jadi bagi kalian yang mau melakukan pernikahan dini harus berpikir lebih matang, karena tanggung jawab dan resiko siap menantimu. 

Jadi bagaimana? Mau nikah muda?

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Blog berisi tentang berbagai informasi menarik yang perlu kamu tahu,, Ayoo kita berbagi,,